Ad Space

Responsive Advertisement

Penerimaan Calon Mahasiswa Baru IAIN Ar-Raniry 2010

Pada Tahun Akademik 2010/2011, IAIN Ar-Raniry menerima mahasiswa Baru untuk semua jurusan pada program Strata Satu (S1) dan Program Diploma III Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab serta Program Diploma III Perbankan Islam Fakultas Syari’ah

  • JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Jadwal penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik ‎2010/2011 Program S1 adalah sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Seleksi, 10 s.d. 27 Mei 2010
  2. Pelaksanaan Ujian/Testing, 07 s.d. 08 Juni 2010
  3. Pengumuman Hasil Seleksi, 18 Juni 2010
  4. Pendaftaran Ulang Mhs. Baru, 21 s.d. 26 Juni 2010
  5. Orientasi & Bimbingan Akademik, 29 Juni  s.d. 1 Juli 2010
  6. Kuliah Matrikulasi, 5 Juli s.d. 7 Agustus  2010

  • PEMILIHAN JURUSAN
Pada saat pendaftaran, setiap calon diwajibkan memilih jurusan yang diinginkan dan mungkin dimasukinya. Setiap calon dibenarkan memilih satu jurusan pilihan I, satu jurusan pilihan II dan satu jurusan pilihan III. Antara pilihan I, II dan III calon mahasiswa tidak dibenarkan memilih pada fakultas yang sama (harus berbeda), artinya calon hanya diperkenankan memilih satu jurusan untuk satu fakultas.

Tujuan pilihan kedua dan ketiga ialah apabila seorang calon mahasiswa tidak mencapai rangking pada jurusan pilihan pertama (karena banyaknya peminat yang lebih berprestasi), ia bisa dialihkan ke jurusan pilihan kedua atau ketiga (bila masih memenuhi syarat). Setiap calon mahasiswa hanya diterima untuk mendaftar kembali pada jurusan di mana dia lulus.

  • PERSYARATAN

Peserta Seleksi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Persyaratan Umum

  1. WNI atau WNA yang beragama Islam;
  2. Berkelakuan baik, tidak terlibat dalam perkara kriminal, bebas narkotika dan tidak terlibat dalam kegiatan yang merongrong pemerintah dan negara Republik Indonesia;
  3. Sanggup mentaati semua peraturan dan ketentuan yang ditetapkan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Persyaratan Khusus

  1. Memiliki Ijazah MAN/MAS, SLTA Umum/Kejuruan dan Pesantren/ Dayah Tingkat Aliah;
  2. Jurusan Tadris/Pendidikan Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika pada Fakultas Tarbiyah hanya dibuka untuk lulusan bidang IPA;
  3. Khusus bagi yang memilih Fakultas Tarbiyah, harus memiliki tinggi badan minimal 150 cm bagi perempuan dan 155 cm bagi laki-laki serta tidak cacat fisik serta tidak buta warna yang dapat mengganggu tugas sebagai guru. Bagi yang tidak memenuhi peraturan ini maka akan gagal untuk ikut seleksi calon mahasiswa baru;
  4. Bagi Calon Mahasiswa asal Luar Negeri (Malaysia, Thailand dsb) harus memiliki Ijazah, Sertifikat Aliyah atau sederajat. Bagi Madrasah yang telah diakui oleh Universitas Al-Azhar - Cairo Mesir dapat diterima tanpa Seleksi.


  • PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Mengambil Slip pendaftaran formulir/dana Seleksi masuk IAIN Ar-Raniry tahun 2010/2011 di Bank BPD Aceh Syari'ah Cabang Pembantu IAIN Ar-Raniry (LAMNYONG) dan membayar Biaya formulir/dana Seleksi sebesar Rp. 175.000,- pada Bank BPD Aceh Syari'ah tersebut.
  2. Mengambil Formulir, Buku Panduan Penerimaan Calon Mahasiswa Baru IAIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2010/2011 dan Kartu Ujian pada loket I (Bagi yang memilih jurusan non-MIPA) dan loket II (bagi yang memilih salah satunya jurusan MIPA) dengan menyerahkan bukti pembayaran lunas dari Bank BPD Aceh Syari’ah Cabang Pembantu IAIN Ar-Raniry (LAMNYONG).
  3. Mengisi Formulir Pendaftaran sesuai petunjuk pada Buku Panduan Seleksi Tahun Akademik 2010/2011.
  4. Mengembalikan berkas formulir dan kelengkapan lainnya pada loket III (bagi yang memilih jurusan non–MIPA) dan loket IV (bagi yang memilih salah satunya jurusan MIPA).
  • SYARAT ADMINISTRASI
Persyaratan administrasi yang harus dilengkapi pada saat pengembalian formulir adalah :
  1. Fotocopy Ijazah/STTB dan Surat Tanda Lulus (STL) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang (bagi yang lulus tahun 2009 ke bawah), sedangkan lulusan tahun 2010 dapat diterima dengan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah, jika Ijazah/STTB dan STL-nya belum siap;
  2. Kartu Nomor Seleksi;
  3. Pasphoto berwarna yang terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak dua lembar (salah satunya ditempel pada Kartu Uijian);
  4. Bagi Warga Negara Asing (WNA) agar dapat melampirkan Surat Bukti Kewarganegaraan Asli (SBKA) yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.

  • BIAYA SELEKSI
Besarnya biaya Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Baru IAIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2010/2011 adalah Rp. 175.000,- (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) dan disetor langsung ke Bank BPD Aceh Syari’ah,  Cabang Pembantu IAIN Ar-Raniry (LAMNYONG).

Uang pendaftaran yang sudah disetor tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

  • PELAKSANAAN UJIAN

Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Baru IAIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2010/2011 dilaksanakan dari tanggal 7 dan 8 Juni 2010 di Kampus IAIN Ar-Raniry, Komplek MAN dan MTsN Rukoh dan Komplek MAN/MTsN/MIN Tungkob.

Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi Panitia Seleksi Masuk Calon Mahasiswa Baru IAIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2010/2011.
0 Komentar untuk "Penerimaan Calon Mahasiswa Baru IAIN Ar-Raniry 2010"

tulis komentar anda di sini..

Back To Top