Ad Space

Responsive Advertisement

Pengertian Masyarakat

Wujud kehidupan kolektivitas manusia lebih sering atau lebih lazim disebut dengan istilah masyarakat. Istilah masyarakat berakar dari bahasa Arab, yaitu syaraka yang berarti "saling bergaul, ikut serta, atau partisipasi". Istilah masyarakat dalam bahasa Inggris adalah society yang berasal dari bahasa Latin, yaitu socius yang artinya "kawan".


Jika kita melihat dari pengertian tersebut, maka masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul. Atau, dalam istilah lain: saling berinteraksi. 


Namun, tidak semua kumpulan manusia yang saling berinteraksi disebut masyarakat. Karena, suatu masyarakat harus mempunyai ikatan lain yang khusus. Misalnya, sekumpulan orang yang sedang antrian membeli BBM tidak kita anggap sebagai masyarakat karena meskipun terkadang mereka saling berinteraksi, tetapi terbatas. Polanya juga tidak bersifat mantap dan berkelanjutan. 


Sekumpulan orang yang sedang mengantri membeli BBM, tiket, atau menonton bioskop lebih tepat disebut "kerumunan"  (crowd). Jadi, masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat berkelanjutan dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama.
0 Komentar untuk "Pengertian Masyarakat"

tulis komentar anda di sini..

Back To Top