Ad Space

Responsive Advertisement

PERPUSTAKAAN AKADEMIK.

BAB II

PEMBAHASAN

Perpustakaan Akademik

Perpustakaan akademik merujuk kepada perpustakaan yang terdapat di pusat pengajian tinggi dan koleksi-koleksinya berasaskan kursus yang terdapat di pusat pengajian tinggi tersebut. Ia dibuka kepada para pelajar, pensyarah dan penyelidik luar. Contoh perpustakaan akademik ialah Perpustakaan Tun Dr Ismail (UiTM, Johor).

Jenis-Jenis Perpustakaan Akademik

Jenis-jenis perpustakaan akademik adalah :

1. Perpustakaan Perguruan Tinggi

2. Perpustakaan Umum

3. Perpustakaan Sekolah

4. Perpustakaan Awam.

1. Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, tinggi bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi, dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi mencapai tujuannya. Tujuan perpustakaan tinggi di Indonesia di kenal dengan nama Tri Dharma Perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) maka perpustakaan perguruan tinggipun bertujuan membantu melaksanakan ketiga dharma perguruan tinggi.

Secara umum tujuan perpustakaan perguruan tinggi adalah :

. Memenuhi keperluan informasi masyarakat perguruan tinggi, lazimnya staff pengajar dan mahasiswa.

. Menyediakan bahan pustaka rujukan (referens) pada semua tingkat akademis, artinya mulai dari mahasiswa tahun pertama hingga ke mahasiswa program pasca sarjana dan pengajar.

. Menyediakan ruangan belajar untuk pemakai perpustakaan.

. Menyediakan jasa peminjaman yang tepat guna bagi berbagai jenis pemakai.

. Menyediakan jasa informasi aktif yang tidak saja terbatas pada lingkungan perguruan tinggi tetapi juga lembaga industri local.

Secara umum perpustakaan dapat berfungsi sebagai pusat informasi, pendidikan, penelitian dan rekreasi, karena itu fungsi perpustakaan perguruan tinggi antara lain :

1. Mendukung fungsi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan mengindentifikasikan, memilih, mengumpulkan dan mengadakan, mengolah bahan pustaka dan informasi dengan mengutamakan factor relevansi, ketersediaan, kemuthiran, dan pemeliharaan koleksi.

2. Menyiapkan dan melaksanakan pelayanan perpustakaan secara efektif dan efesien dengan memanfaatkan perkembangan di bidang tekhnologi informasi.

3. Sebagai pusat penyebarluasan informasi ilmiah

4. Sebagai pusat pelestarian bahan pustaka

5. Sebagai pusat deposit penerbitan hasil karya Civitas Akademik.

2. Perpustakaan Umum

Perpustakaan Umum adalah perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Tanpa membeda-bedakan usia, kaya, miskin, status social, agama ataupun latar belakang pendidikan. Tujuan perpustakaan ini adalah agar semua orang menurut keinginan dan keperluannya menikmati segala yang dapat di peroleh dari buku dan rekaman.

Perpustakaan umum sering di ibaratkan sebagai Universitas Rakyat atau Universitas Masyarakat. Maksudnya adalah bahwa perpustakaan umum merupakan lembaga pendidikan bagi masyarakat umum dengan menyediakan berbagai informasi, ilmu pengetahuan, tekhnologi dan budaya,sebagai sumber belajar untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk mencapai tujuannya perpustakaa umum biasanya mengelompokkan objeknya menjadi 4 ( empat ) yaitu :

1. Pendidikan

perpustakaan umum bertugas memelihara dan menyediakan sarana untuk pengembangan perorangan / kelompok pada semua tingkat kemampuan pendidikan.

2. Informasi

perpustakaan menyediakan kemudahan bagi pemakai berupa akses yang cepat terhadap informasi yang tepat mengenai seluruh julatan pengetahuan manusia.

3. Kebudayaan

perpustakaan merupakan pusat kehidupan kebudayaan dan secara aktif mempromosikan partisipasi dan apresiasi semua bentuk seni.

4. Rekreasi

perpustakaan memainkan peran penting dalam mendorong penggunaan secara aktif rekreasi dan waktu senggang dengan penyedia bahan bacaan.

3. Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, di kelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan, dengan tujuan utama membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Tujuan khusus perpustakaan sekolah adalah membantu sekolah mencapai tujuannya sesuai dengan kebijakan sekolah tempat perpustakaan tersebut bernaung. Perlunya tujuan khusus sekolah karena walaupun sama dalam tujuan umumnya. Namun sekolah swasta mempunyai tujuan khusus yang diasuh lembaga keagamaan, tujuan keagamaan lebih nyata di ungkapkan daripada sekolah negeri.

4. Perpustakaan Awam

Perpustakaan awam merujuk kepada perpustakaan negeri. Perpustakaan awam dibiayai oleh kerajaan negeri masing-masing dan koleksinya adalah menyeluruh. Penggunanya adalah sama seperti perpustakaan negara tetapi ia lebih menekankan kepada masyarakat setempat. Contoh perpustakaan awam ialah Perpustakaan Awam Melaka.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari makalah yang telah kami presentasikan maka penulis dapat beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut :

Jenis – jenis perpustakaan akademik itu sebenarnya banyak, tapi kami hanya mengetahuinya sebanyak 4 (empat) saja yaitu seperti perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan awam. Dimana pengertian dari masing- masing perpustakaan itu adalah :

o Perpustakaan pergguruan tinggi itu adalah perpustakaa yang terdapat pada perguruan tinggi, tingi bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tingi, dengan tujuan utama membantu perguruan tingi mencapai tujuannya.

o Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat belajar pelayanan informasi. Perpustakaan ini mengelompokkan dirinya kedalam 4 objek yaitu ; pendidikan, informasi, kebudayaan, dan rekreasi.

Dan lain-lain sebagainya.
2 Komentar untuk "PERPUSTAKAAN AKADEMIK."

bos,boleh tau gak,sumber nya dapat dari mana ni??? jdul buku nya ap,thanks bos

Dari Diklat saya dapatkan... (^_^)

tulis komentar anda di sini..

Back To Top