Ad Space

Responsive Advertisement

WASIR SELAMA KEHAMILAN

Oleh: Dewan Kedokteran Baby Center

Wasir itu apa?

Wasir disebabkan oleh pemekaran - pembuluh darah dan yang menyebabkan pembengkakan di daerah dubur. Wasir biasanya terdiri dari berbagai ukuran mulai dari ukuran sebesar buah kismis sampai seukuran sebuah anggur. Mereka dapat menimbulkan rasa gatal atau sakit, dan kadang-kadang mereka bahkan dapat menyebabkan perdarahan di dubur, terutama saat BAB. Kadang-kadang pemekaran pembuluh vena dapat menonjol keluar melalui anus. Bila ini terjadi, Anda akan merasakan bentuk yang lunak sampai pembengkakan bibir anus secara keseluruhan. Wasir relatif umum selama kehamilan. 
Beberapa perempuan mendapatkan mereka untuk pertama kalinya saat mereka sedang hamil - dan jika Anda sudah pernah memiliki mereka sebelum kehamilan, Anda mungkin memilikinya lagi sekarang. Mereka juga dapat berkembang di saat pembengkakan tahap kedua, sementara Anda mendorong. Apapun itu, mereka dapat menghilang dengan sendirinya - atau dengan bantuan dari beberapa langkah-langkah sederhana yang disebutkan di bawah ini - Segera setelah anda melahirkan.  Mengapa mereka lebih umum selama kehamilan?  Kehamilan membuat Anda lebih rentan terhadap wasir, pemekaran pembuluh vena di bagian kaki dan kadang-kadang bahkan terjadi di bagian dalam kemaluan wanita, dengan berbagai alasan. Perkembangan dari rahim anda  memberikan tekanan pada pembuluh vena di bagian panggul, dan pembuluh darah  besar di sebelah kanan badan yang menerima aliran darah dari anggota tubuh yang lebih rendah. 
Hal ini dapat menyebabkan terlambat kembalinya aliran darah di bagian tengah ke bawah dari tubuh Anda, dengan demikian akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena di bagian bawah rahim anda dan menyebabkan mereka untuk menjadi lebih mekar atau bengkak. Sembelit, masalah lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Hal ini disebabkan karena setraining mengarah ke wasir, dan Anda cenderung kejang bila memiliki pergerakan usus yang keras.


Selain itu, peningkatan dalam hormon progesterone selama kehamilan akan menyebabkan dinding pembuluh vena Anda untuk bersantai, sehingga mereka lebih mudah membengkak. Progesterone juga menyebabkan sembelit oleh penghambatan di saluran usus.

Apa yang dapat saya lakukan untuk mendapatkan bantuan?
  • Dikompres dengan es pack (dengan lembut) untuk daerah yang terkena masalah beberapa kali sehari. Es dapat membantu penurunan bengkak dan ketidaknyamanan. Beberapa perempuan mendapatkan dinginnya kompres dapat membantu menyejukkan.
  • Merendam dengan air hangat dalam ember. Anda isi dengan air dan di letak di atas kloset, memungkinkan anda untuk merendamkan bagian dubur  atau hanya dengan posisi duduk di bawah.
  • Coba juga alternatif lain dengan  metode dingin  & hangat ditambah dengan perawatan. Mulai dikompres dengan es pack diikuti dengan rendam air hangat.
  • Hati-hati tetapi teliti membersihkan daerah dubur setelah BAB, jangan menggunakan tisu WC, yang dapat menyebabkan gangguan iritasi, variasi lainnya. Dengan membasahi tisu terlebih dahulu dapat membantu. Banyak perempuan mengatakan bahwa dengan menggunakan tisu basah lebih nyaman dibandingkan menggunakan tisu WC. Anda dapat membeli tisu obat yang dibuat khusus untuk orang yang menderita wasir.
  • Tanya praktisi kesehatan anda untuk merekomendasikan obat anti sakit atau obat supositoria. Ada banyak produk yang dijual di luar, tetapi sebelumnya berkonsultasi dengan praktisi kesehatan anda lebih dulu sebelum mencoba sendiri. Sebagian besar dari produk ini harus digunakan untuk perawatan jangka waktu singkat, hanya (satu Minggu atau kurang). Menggunakan secara terus menerus dapat menyebabkan infeksi bahkan lebih.

Bagaimana saya bisa menghindari mendapatkan wasir?

Walaupun Anda lebih rentan terhadap wasir saat hamil, mereka tidak dapat dielakkan! Berikut ini adalah beberapa cara untuk menangkal mereka - atau menyingkirkan mereka lakukan jika anda sudah menderitanya:
Hindari sembelit: Diet dengan makanan berserat tinggi, minum banyak air (delapan sampai sepuluh gelas sehari), dan mendapatkan latihan biasa, bahkan jika Anda hanya memiliki waktu singkat, berjalan. Jika Anda sembelit, meminta praktisi anda memberikan suplemen serat atau pelunak kotoran.
  • Jangan menahan jika ingin BAB, mencoba untuk tidak memaksa mengejan, dan tidak lama-lama di kamar mandi, karena dapat memberikan tekanan berlebihan di daerah dubur.
  • Lakukan latihan Kegel. Kegel meningkatkan sirkulasi di sekitar dubur dan memperkuat otot di sekitar anus, menurunkan resiko wasir. Mereka juga memperkuat otot di sekitar vagina dan saluran kencing, yang dapat membantu tubuh anda cepat pulih setelah melahirkan.
  • Hindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Jika pekerjaan yang melibatkan banyak duduk, bangun dan bergerak selama beberapa menit setiap jam atau lebih. Di rumah, berbaring ke sebelah kiri saat tidur, membaca, atau menonton TV lama dapat memberi tekanan pada pembuluh vena dan membantu meningkatkan kembali aliran darah dari bagian tengah ke bawah tubuh Anda.
Kapan saya harus panggil praktisi?

Jika pencegahan yang anda lakukan tidak membantu. - atau jika anda mengalami pendarahan - Anda berkonsultasi ke dokter atau bidan. (Setiap pendarahan dubur akan diperiksa oleh praktisi.)


Bagi sebagian besar perempuan, wasir dapat menjadi lebih baik setelah mendapat bantuan seperti langkah-langkah yang dibahas di atas. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengunjungi spesialis untuk mendapatkan perawatan segera. Jarang, operasi kecil diperlukan untuk memperbaiki masalah.
0 Komentar untuk "WASIR SELAMA KEHAMILAN"

tulis komentar anda di sini..

Back To Top