Ad Space

Responsive Advertisement

Cara Menanamkan Kedisiplin Pada Anak

Tentu sebagai orang tua, Anda sangat menginginkan anak Anda untuk mempunyai sikap disiplin sejak dini. Sebenarnya keinginan itu tidak salah, namun juga tidak dibenarkan. Karena upaya penanaman kedisiplinan pada anak yang dilakukan dengan stimulasi yang salah dapat berakibat fatal.

Banyak orang tua yang mengajarkan kedisiplinan pada buah hati mereka dengan sistem hukuman. “Siapa yang tidak sesuai dengan peraturan akan dihukum!”. mungkin kita sering tidak menyadari, bahwa sistem hukuman tersebut tidak membuat anak disiplin tapi malah mengurangi kewibawaan orang tua dihadapan mereka.

Menurut Arnold Buss, seorang psikolog dalam bukunya “Man in Perspective” mengingatkan, bila hukuman diberikan terlalu sering dan anak merasakan hal ini tidak dapat dihindarkan, anak akan membentuk rasa ketidakberdayaan (sense of helplesness). Dengan begitu dapat mengakibatkan anak bersikap minder atau rendah diri.

Nah, berikut ini adalah cara-cara untuk menananmkan sikap disiplin pada anak. Selamat membaca.
  1. Jadilah pribadi tegas namun penuh kasih sayang dihadapan anak.
  2. Bersikaplah konsisten dengan semua yang telah Anda ajarkan pada mereka.
  3. Buat target pencapaian perilaku yang harus ditaati dan fokuslah dengan target Anda tersebut. Seperti: Mencuci piring sendiri setelah selesai makan.
  4. Latihlah anak untuk menentukan pilihannya, kemudian ajarkan arti konsisten pada mereka.
  5. Bersikaplah seperti juri, yang selalu menilai sikapnya kapanpun dan dimanapun. Dengan begitu Anda telah mengajarkan kepada mereka arti pengawasan, namun jangan lupa untuk tetap menghormati privacy-nya. Sehingga hubungan yang baik dan sportive tetap terjalin antara orang tua dan anak.
  6. Tanamkan pada mereka, dengan mengikuti aturan hidup yang disiplin, mereka akan terhindar dari hal-hal yang membahayakan.
Nah sekarang, mulailah untuk menanamkan sikap disiplin pada mereka dengan cara yang bijaksana tanpa mengurangi hak mereka sebagai seorang individu.
Selamat mencoba dan semoga sukses.
Terima kasih.
1 Komentar untuk "Cara Menanamkan Kedisiplin Pada Anak"

wah fed.....aq kurang percaya masalah perbintangan.
aq lebih sependapat klo langkah, rezeki, pertemuan dan maut itu di tangan tuhan. ke gak percaya ya??? makan tu rasi...hehehe

tulis komentar anda di sini..

Back To Top