Untuk
mengenalkan serta memasarkan jasanya, perpustakaan tidak cukup hanya membangun
jasa informasi serta mengharap masyarakat akan begitu saja mendatangi
perpustakaan-perpustakaan. Jumlah orang yang sekedar ingin tahu akan keberadaan perpustakaan sangat sedikit. Maka
pustakawan perlu mengusahakan agar publisitas dapat diperoleh melalui berbagai
bentuk serta keluaran sesuai dengan kemampuan keuangan.
Promosi merupakan forum
pertukaran informasi antara organisasi dan konsumen dengan tujuan utama memberi
informasi tentang produk atau jasa yang disediakan oleh organisasi, sekaligus
membujuk konsumen untuk bereaksi terhadap produk atau jasa itu.
Usherwood mengatakan
bahwa di dalam melaksanakan kegiatan promosi ada beberapa faktor yang harus
diperhatikan. Faktor-faktor itu antara lain adalah:
1.) Motivasi pemakai
Di sini perlu
dikaji apakah sebenarnya yang diinginkan oleh pemakai perpustakaan.
2.) Minat pemakai
Pengetahuan
tentang minat pemakai akan membantu perpustakaan memberi informasi yang tepat
kepada pengguna.
3.) Latar belakang Latar
belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan pemakai akan sangat membantu jika
dapat diketahui secara umum.
0 Komentar untuk "Mempromosikan Jasa Perpustakaan"
tulis komentar anda di sini..