Ad Space

Responsive Advertisement

CARA BELAJAR OTODIDAK

Otodidak merupakan proses belajar secara mandiri, dengan mencoba-coba, mengutak-atik apa yang dipelajari itu. Otodidak dibantu dengan adanya keterangan-keterangan dari sumber-sumber. Otodidak juga perlu pokok-pokok untuk menopangnya.

  1. Pertama, yaitu, kenalilah metode anda belajar, mungkin anda lebih suka teori, lebih suka tutorial, atau mungkin lebih suka mengikuti teorinya, baru tutorialnya. Mungkin juga anda lebih suka langsung praktek dengan mengikuti teori-teori yang ada. Mengenali metode belajar ini sangat penting, karena anda akan lebih mudah dalam memahaminya.
  2. Kedua, kenalilah dahulu poin-poin yang tidak terlalu spesifik, atau boleh dibilang tekhnik dasarnya.
  3. Ketiga, moderenisasi tentunya menghemat cara anda mereview suatu masalah, misalnya anda tidak mengerti akan suatu istilah, misal istilah ekstemporan, kita tinggal cari di Search Engine, tidak perlu banyak bertanya, dan mungkin anda akan menemukan hal-hal yang lebih terperinci. Juga banyak situs-situs review, seperti Shvoong.
  4. Keempat, bergabunglah dengan suatu kelompok, ini bisa membantu anda melalui sharing bersama. Dengan ini bukan hanya anda saja yang mendapat hal baru, tetapi, juga untuk orang lain.
  5. Kelima, belajarlah dengan suasana atau situasi yang mendukung. Karena ini akan sangat membantu anda dalam memahami suatu pembahasan.


Secara pemahaman menurut saya, otodidak akan lebih menyisakan hal belajar yang akan sulit dilupakan oleh otak.
2 Komentar untuk "CARA BELAJAR OTODIDAK"

Perlu ada wadah khusus untuk orang2 yg otodidak.

Wadah seperti apa? Semacam komunitas ya?

tulis komentar anda di sini..

Back To Top