Ad Space

Responsive Advertisement

Tujuan dan Pentingnya Promosi Bagi Perpustakaan



Tujuan Promosi Perpustakaan
 
Tujuan dari promosi perpustakaan adalah memperkenalkan koleksi serta pelayanan yang diberikan agar yang memerlukan dapat memanfaatkannya secara maksimal. 

Keberhasilan promosi perpustakaan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesesuaian antara materi promosi dan cara promosi dengan kebutuhan pemakai potensial.

Menurut Jerome dan Andrew (1982) promosi mempunyai tujuan, yaitu :
  1. Menarik perhatian
  2. Menciptakan kesan
  3. Membangkitkan kesan
  4. Mendapatkan tanggapan

Pentingnya Promosi Bagi Perpustakaan
 
Saat ini semakin terasa bahwa informasi merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat. Informasi yang dibutuhkan itu sebagian berada dalam perpustakaan. Sudah barang tentu informasi yang dimiliki itu berkaitan dengan tujuan dan tugas perpustakaan tersebut dan masyarakat. Perpustakaan khusus menyimpan koleksi dan informasi dalam bidang tertentu, untuk penelitian dan pengembangan. Sedangkan koleksi perpustakaan perguruan tinggi ditujukan bagi mahasiswa dan pengajar dalam menunjang tujuan perguruan tinggi yakni Tridharma Perguruan Tinggi. Koleksi perpustakaan sekolah diadakan untuk membantu membantu murid dan guru dalam kegiatan kurikulum sekolah. 

Dengan adanya promosi, diharapkan masyarakat akan mengenal perpustakaan dan akhirnya mereka menjadi pemakai yang giat. 

Cronin menyebutkan penelitian yang dilakukan oleh Patricia Berger condong pada keyakinan bahwa ada hubungan positif antara kemajuan hubungan masyarakat dengan alokasi dana perpustakaan. Dalam artikel yang sama Cronin menyatakan hal ini sebagai teori keuntungan kumulatif dari promosi yang menghasilkan pengakuan, penghargaan, dan perkembangan. Pada artikel yang lain Blaise Cronin berkata bahwa dengan pemasaran dan promosi yang baik perpustakaan akan mendapat setidaknya tiga hal yaitu menambah kepuasan pemakai, memperkuat dan memperlancar bertambahnya dana, dan meningkatkan kepuasan pustakawan.
0 Komentar untuk "Tujuan dan Pentingnya Promosi Bagi Perpustakaan"

tulis komentar anda di sini..

Back To Top