Usaha-usaha untuk membuat
perpustakaan berhasil dalam kegiatan pemasaran dan promosi layanan mendapat
kendala yang berasal dari dalam dan luar perpustakaan.
Kendala
Dari Dalam
- Lemahnya pengetahuan pustakawan terhadap ilmu dan teknik pemasaran.
- Pandangan tradisional bahwa perpustakaan hanyalah sebuah gudang buku.
- Tidak memadainya gedung perpustakaan.
- Kurangnya dana yang memadai untuk membeli bahan pustaka dan membuka layanan baru.
- Lemahnya apresiasi para pustakawan tentang kenyataan pengguna perpustakaan dewasa ini lebih menuntut banyak jasa di perpustakaan.
- Lemahnya manajemen organisasi
Kendala
Dari Luar
- Sasaran bagi pelayanan perpustakaan pada umumnya berada di lingkungan perpustakaan dalam tempo sementara. Misalnya perpustakaan SMA, maka siswa hanya berada di sekolah sekitar tiga tahun saja.
- Masih kurangnya komitmen dari pimpinan dalam dukungan terhadap perpustakaan
- Faktor sosial, yaitu sudah menjadi budaya pengguna yang jarang ke perpustakaan
- Staf pengajar di sekolah kurang banyak memberi tugas kepada siswa yang dapat memaksa mereka menggunakan perpustakaan.
0 Komentar untuk "Kendala Pemasaran Dan Promosi Layanan Perpustakaan"
tulis komentar anda di sini..